Rabu, 24 Oktober 2012

Perbandingan Teori Vigotsky dan Piaget


Topik
Vigotsky
Piaget
Konteks sosiokultural
Penekanan kuat
Sedikit penekanan
Konstruktivisme
Konstruktivisme sosial
Konstruktivisme kognitif
Tahapan
Tidak ada pandangan tentang tahapan umum perkembangan
Penekanan kuat pada tahapan (sensori motor, pra operasional, operasional konkret dan operasional formal)
Proses utama
Zone of proximal development, bahasa, dialog, alat dari kultur
Skema, asimilasi, akomodasi, operasi, konservasi, klasifikasi, penalaran, hipotesis-deduktif
Peran Bahasa
Bahasa memainkan peranan kuat dalam membentuk pemikiran
Minimal; kognisi terutama mengatur bahasa
Pandangan tentang pendidikan
Pendidikan memainkan peran sentral, membantu anak mempelajari alat-alat kultur
Pendidikan hanya memperbaiki keahlian kognitif anak yang sudah muncul
Implikasi pembelajaran
Guru adalah fasilitator dan pembimbing, bukan pengatur; memberikan banyak kesempatan bagi murid untuk belajar bersama guru dan teman yang lebih ahli
Juga memandang guru sebagai fasilitator dan pembimbing bukan pengatur; memberikan dukungan untuk anak agar mengeksplorasi dunia mereka dan menemukan pengetahuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar