Rabu, 24 Oktober 2012

Kapan kita harus berubah ?

Banyak orang yang merasa bosan dengan kehidupannya dan apa yang dilakukannya setiap hari. Setiap orang berani mengeluh tetapi tidak berani melakukan untuk perubahan tersebut.
Perubahan selalu diinginkan tetapi kadang kita tidak tahu kapan harus melakukan perubahan tersebut. Terlebih dengan kondisi kita yang sudah nyaman di suatu pekerjaan tempat atau hal yang kita tekuni.
Perubahan selalu diidentikan dengan kondisi yang bisa merusak kenyamanan kita atau dibayangkan akan mengakibatkan status mapan kita menjadi terancam.
Manusia sedih karena memikirkan yang sudah terjadi, manusia cemas memikirkan yang akan terjadi.
Semua orang akan cemas ketika akan melakukan perubahan karena mereka tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi pada masa depan mereka, menjadi lebih baik, sama saja atau mungkin lebih buruk.
Satu hal yang pasti adalah ketidak pastian atau bahasa kerennya adalah sesuatu yang konsisten adalah inkonsistensi.
Kita tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi karena memang itu bukan menjadi "wilayah" kita sebagai manusia. Itu menjadi "wilayah" Allah walaupun masa depan kita dimungkinkan di rubah dengan doa, amal shadaqoh dan ibadah yang selalu kita lakukan .
Manusia harus selalu berubah karena dunia ini berubah. Manusia harus selalu berani berubah walaupun kondisi sesudahnya tidak akan pernah kita tahu.
Seseorang yang pernah jatuh karena berjalan akan lebih baik dibandingkan orang yang tidak pernah jatuh karena tidak pernah berjalan.
Kita tidak berani berubah karena takut jatuh dalam kondisi yang mungkin lebih buruk tetapi kita tidak pernah tahu bahwa mungkin saja kita akan menjadi lebih baik dengan perubahan itu.
Kapan kita berubah ???
Kita harus berubah ketika kita merasa apa yang kita lakukan selalu sama dan mendapatkan hasil yang sama secara terus menerus.
Ini berlaku dalam semua sisi kehidupan kita, tidak hanya dalam pekerjaan tetapi juga dalam kehidupan pribadi, agama, sosial dan banyak aspek yang lain. Semua orang tentunya ingin berubah menjadi lebih baik, tetapi itu tidak akan pernah kita tahu kalau kita tidak pernah mencoba untuk melakukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar