Topik
|
Vigotsky
|
Piaget
|
Konteks
sosiokultural
|
Penekanan
kuat
|
Sedikit
penekanan
|
Konstruktivisme
|
Konstruktivisme
sosial
|
Konstruktivisme
kognitif
|
Tahapan
|
Tidak
ada pandangan tentang tahapan umum perkembangan
|
Penekanan
kuat pada tahapan (sensori motor, pra operasional, operasional konkret dan
operasional formal)
|
Proses
utama
|
Zone
of proximal development, bahasa, dialog, alat dari kultur
|
Skema,
asimilasi, akomodasi, operasi, konservasi, klasifikasi, penalaran,
hipotesis-deduktif
|
Peran Bahasa
|
Bahasa
memainkan peranan kuat dalam membentuk pemikiran
|
Minimal;
kognisi terutama mengatur bahasa
|
Pandangan
tentang pendidikan
|
Pendidikan
memainkan peran sentral, membantu anak mempelajari alat-alat kultur
|
Pendidikan
hanya memperbaiki keahlian kognitif anak yang sudah muncul
|
Implikasi
pembelajaran
|
Guru adalah
fasilitator dan pembimbing, bukan pengatur; memberikan banyak kesempatan bagi
murid untuk belajar bersama guru dan teman yang lebih ahli
|
Juga memandang
guru sebagai fasilitator dan pembimbing bukan pengatur; memberikan dukungan
untuk anak agar mengeksplorasi dunia mereka dan menemukan pengetahuan
|
Rabu, 24 Oktober 2012
Perbandingan Teori Vigotsky dan Piaget
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar